Jakarta, prestasikaryamandiri.co.id – Perancang busana asal Kota Bandung, Jawa Barat, Yurita Puji menjadi inspirasi perempuan Indonesia setelah dinobatkan sebagai pengusaha fesyen terbaik se-Asia Tenggara. Ia meraih penghargaan dari ASEAN Women Entrepreneur Award atau AWEN yang diselenggarakan di Phnom Penh, Kamboja.
Ia sendiri merasa terhormat dan bersyukur terpilih menjadi pengusaha fesyen dalam ASEAN Women Entrepreneur Award 2024.
“Penghargaan ini mempertegas komitmen saya untuk memajukan misi AWEN, menginspirasi dan mendorong pemberdayaan ekonomi perempuan di tanah air,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (8/8/2024).
Penghargaan ini diberikan kepada pengusaha perempuan berprestasi di ASEAN dalam berbagai kategori seperti sosial, pendidikan dan ekonomi, yang telah lolos proses seleksi ketat oleh AWEN Chair Indonesia dan AWEN Chaircountry, Kamboja.
Wanita kelahiran Bandung, 19 Agustus 1985 ini memulai karir fashionnya sejak tahun 2008 hingga sekarang. Selama perjalanannya, Yurita terus menempuh serangkaian studi di perguruan tinggi, mulai dari Teknik Komputer, lulus dari Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) dan melanjutkan pendidikan di Program Pascasarjana Manajemen Gas Universitas Indonesia.
Sebagai seorang desainer, Yurita mengaku kerap menghadirkan item fashion yang menyampaikan nilai-nilai budaya dan tradisional. Dengan tangan dinginnya, ia mewujudkan berbagai pengembangan potensi daerah, termasuk perajin garmen, seperti melalui promosi dan pengembangan produk berbahan baku kain yang dihasilkan dari berbagai daerah di Indonesia.
“Setiap kali kami memamerkan pakaian yang didesain dengan bahan daerah, kami selalu menyertakan perajinnya sendiri. “Kehadiran mereka tentu memberikan efek positif terhadap fisik produk,” ujar pembicara.
Wanita yang kini tengah menyelesaikan program PhD (S3) Sosiologi ini berharap, zonasi ini bisa menjadi produk retail sehingga memiliki nilai jual yang baik dan menjangkau berbagai kalangan untuk digunakan.
Selain pengembangan produk regional, Yurita juga bekerja di bidang konsultasi fashion untuk memberikan solusi pengembangan merek mulai dari bahan baku, pembuatan produk, dan target pasar. Tujuannya untuk mengembangkan merek lokal yang masuk ke pasar global.
“Saya berharap setiap karya yang ditampilkan mempunyai makna dan memberikan efek yang baik. Bisa dari sudut pandang bisnis atau pesan yang ingin disampaikan. Selain itu juga harus berdampak terhadap lingkungan hidup agar tetap terlindungi dan mempunyai arti penting, pungkas Yurita Puji.