Jakarta, prestasikaryamandiri.co.id – Xiaomi Auto memperkenalkan prototipe kendaraan listrik SU7 Ultra. Mobil tersebut diperkenalkan pada pidato tahunan pendiri Xiaomi Lei Jun dan merupakan mobil pertama yang dilengkapi dengan HyperEngine V8 yang baru diumumkan oleh perusahaan China. Xiaomi Auto dikatakan bertujuan untuk menjadi sedan empat pintu tercepat di Nürburgring.
Mengutip Carnewschina, Senin (22/7/2024), prototipe Xiaomi SU7 Ultra dibekali tiga mesin yang dikembangkan Xiaomi, di antaranya dua mesin V8 dan satu mesin V6. HyperEngine menghasilkan tenaga kuda maksimum sebesar 1.548 hp, bahkan melampaui mobil sport mewah tercanggih seperti Bugatti Chiron yang berkekuatan 1.479 hp.
Dikembangkan oleh Xiaomi, HyperEngine V8 memiliki kecepatan maksimum 27.200 rpm, tenaga maksimum 578 tenaga kuda, dan torsi puncak 635 Nm, menjadikannya sepeda motor terkuat yang diproduksi perusahaan asal Beijing tersebut.
Selain itu, Xiaomi SU7 Ultra dibekali baterai bertenaga Qilin 2.0 yang khusus dibuat oleh CATL untuk balap dengan daya maksimal 1330 kW. Faktanya, baterainya mampu menghasilkan 880 kW pada SoC 20%.
SU7 Ultra memiliki kapasitas pengisian daya 897V dan mendukung kecepatan pengisian daya 5,2C, yang berarti mobil dapat diisi dayanya dalam waktu kurang dari 12 menit.
Untuk pengereman dilengkapi kaliper AP Racing spek balap berperforma tinggi, dengan kaliper enam piston depan dan belakang, serta bantalan rem racing yang mampu menahan suhu pengoperasian di atas 800 derajat.
Selain itu, Xiaomi SU7 Ultra menggunakan motor mundur untuk memulihkan energi pengereman, sehingga menghasilkan pemulihan gaya pengereman maksimum sebesar 0,6G. Dalam kondisi pengereman penuh, akselerasinya bisa melambat hingga lebih dari 2,36 G, dan jarak berhenti 0 hingga 100 kilometer per jam hanya 25 meter.
SU7 Ultra mampu berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 1,97 detik dan 0-200 km/jam hanya dalam 5,97 detik serta mencapai kecepatan tertinggi 300 km/jam hanya dalam 15 detik. Kecepatan tertingginya dikatakan mencapai 350 kilometer per jam dan bobot kendaraan hanya di bawah 1.900 kg.
Desain Xiaomi SU7 Ultra sangat berbeda dengan SU7 biasa, dengan sayap belakang berukuran besar berbahan serat karbon yang menghasilkan downforce hingga 2.145 kg. Bagian lain mobil juga dibuat lebih aerodinamis, termasuk penambahan dua kipas depan berukuran besar serta splitter depan dan side skirt yang lebih lebar.
Xiaomi bertujuan untuk mencetak rekor baru di kelas sedan listrik empat pintu di Nürburgring. Saat ini mobil listrik tercepat di Nürburgring adalah Volkswagen ID.R dengan waktu putaran 6:05.336 menit.
Mobil listrik empat pintu tercepat di Nürburgring adalah Porsche Taycan Turbo GT dengan waktu putaran 7:07,55 menit. Xiaomi bertujuan untuk memecahkan rekor putaran di Nürburgring Nordschleife yang legendaris pada bulan Oktober.