Jakarta, prestasikaryamandiri.co.id – Telkomsel kembali menggelar program Corporate Social Responsibility (CSR) Indonext Season 8 dengan tema #upskilltoinnovate, program ini bertujuan untuk mempercepat peningkatan skill wirausaha muda di Indonesia dan menciptakan talenta digital yang handal. Dalam upaya menciptakan dampak sosial yang positif bagi Telkomsel dengan memberdayakan masyarakat, Indonext diperkenalkan sejalan dengan proses bisnis berkelanjutan perusahaan yang memastikan prinsip-prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) menjadi prioritas.
Menanggapi ramalan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) yang menyebutkan kebutuhan 9 juta talenta digital pada tahun 2030, Telkomsel berkomitmen untuk menumbuhkan minat pelajar mempelajari keterampilan IT dan teknologi lainnya melalui IndonesiaNEXT Musim 8. Di tahun ke-8 beroperasinya, Indonext menawarkan beragam inovasi, termasuk benchmark dan model berdasarkan teknologi tertentu, Bootcamp yang kuat, serta bekerja sama dengan alumni program untuk berbagi inspirasi dengan para peserta. Program ini diharapkan menjadi digital talent booster untuk menumbuhkan inovasi berkelanjutan bagi generasi muda.
Saki H. Bramono, Vice President Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel, mengumumkan bahwa IndonesiaNEXT kembali mempercepat pengembangan keterampilan digital generasi muda, sejalan dengan semangat Telkomsel untuk menciptakan dampak positif bagi “masyarakat senantiasa dalam lingkungan yang berkelanjutan.” proses bisnis”. yang mengutamakan prinsip Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola (ESG).
“Dengan kedatangan lebih dari 79.000 peserta dari 695 universitas sejak tahun 2016, Telkomsel berharap Indonext sebagai promotor talenta digital dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan Indonesia dan mendukung kebutuhan akan talenta digital yang aman dan kompetitif di masa depan,” kata Saki. . .
Indonext Season 8 terdiri dari empat tahap yaitu Sertifikasi, Ideation Bootcamp, MVP Bootcamp dan Awarding. Hingga 1.000 peserta akan dipilih untuk menerima pelatihan dasar dan sertifikasi internasional untuk bekerja dengan platform Kuncie. Langkah selanjutnya adalah mengembangkan keterampilan teknis seperti Data Analytics, UI/UX, Digital Marketing, Communications dan Machine Learning yang menjadi bagian dari landasan pengembangan teknologi Artificial Intelligence (AI). IndonesiaNEXT akan diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada 9 peserta terbaik.
Dalam fase aksi, IndonesiaNEXT akan menggandeng alumni Program Inkubasi Startup Telkomsel NextDev Impact sebagai mentor, Kuncie untuk pengembangan kurikulum dan sertifikasi, serta Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) untuk memenuhi kebutuhan industri digital saat ini.
Pendaftaran Indonext Season 8 dibuka hingga 31 Mei 2024. Program ini akan membagi peserta menjadi 3 kategori: Hustler, Hipster, dan Hacker yang masing-masing fokus pada minat dan keterampilan berbeda yang mereka geluti. Peserta dapat mendaftar melalui laman indonesianext.co.id.
Indonext merupakan bagian dari roadmap ekosistem inovasi digital Telkomsel yang mencakup IndonesiaNEXT Digital Talent Accelerator, NextDev Impact Startup Incubator, Tinc Business Accelerator, Venture Capital Telkomsel, untuk akuisisi portofolio perusahaan digital dan perusahaan INDICO. Secara keseluruhan, lingkungan inovasi ini bertujuan untuk mengembangkan inovasi bersama pemangku kepentingan yang dapat mendukung pertumbuhan lingkungan digital dan perekonomian Indonesia.
Saki menambahkan, IndonesiaNEXT bukan hanya sekedar program CSR, namun juga merupakan komitmen nyata Telkomsel untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia.
“Khususnya dalam meningkatkan keterampilan dan daya saing talenta-talenta digital muda. Sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terkemuka di Indonesia, Telkomsel akan terus menghadirkan berbagai inovasi yang dapat memberdayakan masyarakat untuk mencapai hari yang lebih baik dan masa depan yang lebih cerah,” ujarnya.
Informasi tambahan mengenai IndonesiaNEXT dapat diperoleh melalui media sosial IndonesiaNEXT di Instagram, Facebook, X/Twitter, LinkedIn, YouTube dan TikTok.