Jakarta, prestasikaryamandiri.co.id – Yamaha punya teknologi baru yang membuat motor sport garapannya tidak mengubah penggunaan persneling, kopling, dan pedal kaki. Transmisi baru yang diberi nama Yamaha-Automated Manual Transmision (Y-AMT) ini nantinya akan digunakan pada beberapa mobil sport baru dari Yamaha.
Diberitakan Autoevolution, Kamis (27/6/2024), saat ini transmisi pada sepeda motor terdapat dua yaitu manual dan otomatis. Untuk transmisi manual, perpindahan gigi dioperasikan melalui kopling dan pedal kaki.
Berbeda dengan transmisi otomatis yang menghilangkan kopling dan pedal kaki. Satu-satunya kelebihan iklan digital adalah tidak adanya iklan otomatis. Salah satunya adalah kecepatan dan pengurangan perencanaan yang lebih baik.
Y-AMT memadukan keduanya. Selain itu, pergerakannya dilakukan melalui tombol-tombol. Pengendara akan dapat memilih salah satu dari dua metode transmisi tersebut melalui penggunaan jempol pada tombol-tombol sepeda motor, jelas Autoevolution. Transmisi baru untuk sepeda motor Yahama yaitu Y-AMT akan memiliki dua transmisi sekaligus yaitu matic dan manual. Selain itu penggunaan mesin juga menghilangkan kopling dan kaki. – (baru lahir/-)
Dalam mode otomatis (AT), pemancar menawarkan dua pilihan program. Yang pertama adalah D, seperangkat pengaturan yang memungkinkan perubahan halus dilakukan pada rpm rendah. Hal ini membuat sepeda menjadi nyaman, dan rangka yang direkomendasikan untuk perjalanan jarak jauh di jalan raya dan sejenisnya, serta lingkungan perkotaan.
Jika diperlukan tenaga lebih besar, transmisi dapat disetel ke D+, yang memperlambat perubahan mesin pada kecepatan mesin. Mesin sepeda motor biasanya memberikan tenaga lebih besar dan bagus untuk olahraga.
“Yang baru dari Y-AMT adalah adanya pilihan perubahan dari mode AT ke mode manual (MT). Hal ini bisa dilakukan dengan menggerakkan tuas pada handle,” ujar Autoevolution.
Pada tuasnya, pengendara dapat menemukan dua elemen kontrol, satu untuk upshift (+) dan satu lagi untuk downshift (-). Keuntungan dari semua ini adalah pengendara tidak perlu menggunakan tombol. Ini seperti bermain video game.
Yamaha mengatakan mereka merancang ukuran, posisi, dan jarak tuas sedemikian rupa sehingga pengendara dapat menggunakannya sambil mengenakan sarung tangan.
Terlepas dari penggunaan di jalan raya, Yamaha mengatakan Y-AMT akan memungkinkan pengendara untuk lebih fokus pada posisi tubuh, menikung, pengereman dan akselerasi, daripada terus-menerus mencoba menggunakan tangan dan kaki mereka untuk mengganti kunci pada waktu yang tepat.
Yamaha mengatakan mereka akan segera meluncurkan Y-AMT pada sepeda motor. Berbeda dengan sistem yang dikembangkan kompetitor yang biasanya ditujukan untuk mobil balap, teknologi ini juga akan tersedia dalam olahraga dan berkendara sehari-hari.
Amaha menganggap kedatangan Y-AMT menjadi momen penting dalam evolusinya. Mereka menyebut rilis ini sebagai “awal era baru”, “solusi paling sporty di segmen roda dua”, dan sesuatu yang akan “mengubah wajah olahraga motor”.