Jakarta, prestasikaryamandiri.co.id – Tren pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan merek lokal di awal tahun 2024 akan menjadi sorotan utama panorama perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenko UMKM), kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia telah mencapai 61% terhadap pendapatan produk domestik bruto (PDB) negara. Faktor-faktor seperti digitalisasi, perubahan perilaku konsumen, inovasi produk, dan peran e-commerce khususnya Shopee menjadi pilar utama dalam mendukung pertumbuhan UMKM dan merek lokal. Selama tahun 2023, lebih dari 500.000 merchant UMKM baru bergabung dengan Shopee dengan pertumbuhan pendapatan meningkat hingga 30% year-on-year (YoY) dari tahun 2020-2023.

Sejak beroperasi di Indonesia, Shopee selalu mewujudkan komitmennya dalam menggerakkan perekonomian nasional melalui pilar UMKM dan merek lokal. Oleh karena itu, pada tahun 2023, sebanyak 84% bisnis Shopee berasal dari UMKM dan brand lokal dengan 93% total transaksi didominasi oleh produk lokal. 

Berbagai inovasi berkelanjutan telah diciptakan untuk membantu mentransformasi dan meningkatkan daya saing dunia usaha serta memperkuat eksistensi baik di dalam negeri maupun internasional. Sebagai bentuk komitmen, berikut laporan tren pertumbuhan UMKM dan merek lokal di awal tahun 2024: Shopee memberikan akses yang mudah dan inklusif untuk menciptakan peluang bagi UMKM dan merek lokal untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Melalui berbagai upaya strategis, inisiatif, dan program menarik, Shopee mampu mencatatkan peningkatan total pesanan dari UMKM dan brand lokal hingga 4 kali lipat pada puncak kampanye tahun 2024 dibandingkan tahun sebelumnya. Inklusif secara digital, shopee juga menghadirkan layanan terintegrasi melalui program ekspor shopee dimana lebih dari 26 juta produk lokal telah diekspor ke berbagai negara. Tidak berhenti sampai di situ, kinerja positif ini akan terus berlanjut di awal tahun 2024 dengan peningkatan transaksi produk ekspor melonjak lebih dari 2 kali lipat dibandingkan tahun lalu. merek lokal melalui fitur interaktif. Shopee Live menyediakan platform bagi penjual dan pembeli untuk berinteraksi secara real time dan menjelaskan produk mereka selama live streaming. Reaksi positif tersebut terlihat dari peningkatan penjualan produk lokal lebih dari 13 kali lipat melalui Shopee Live dibandingkan tahun lalu.

Marketing Growth Director Shopee Indonesia Monica Vionna selaku Marketing Growth Director Shopee Indonesia mengatakan, banyak cerita baru yang akan terjadi hingga pertengahan tahun 2024 dan Shopee bangga menjadi bagian dari banyak kisah sukses UMKM dan brand lokal. 

“Melihat mereka terus berkembang dan berinovasi dalam penciptaan produk berkualitas dan berhasil memperluas jangkauannya di pasar, menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan dukungan terbaik kepada bisnis lokal melalui berbagai program, kampanye dan fitur interaktif, serta pelatihan yang dapat memandu UKM dan merek lokal. jadi lebih kompetitif,” kata Monica. 

Shopee optimis sisa pertengahan tahun 2024 akan semakin menarik dengan berbagai penemuan baru, dan dengan kolaborasi dan kemitraan yang kuat, Shopee dapat bersama-sama menciptakan bisnis yang berkelanjutan dan penetrasi pasar digital yang inklusif.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *