Jakarta, prestasikaryamandiri.co.id – Honda berkomitmen mempercepat transisi ke pasar kendaraan listrik (EV). Untuk mencapai ambisi tersebut, Honda menyiapkan investasi sebesar 65 miliar dolar AS hingga tahun 2030 untuk mengembangkan beberapa model mobil listrik, dan juga untuk memperkuat posisinya di pasar mobil listrik.
Dilansir di Arena EV, Sabtu (18/5/2024), rencana mobil listrik Honda mencakup peluncuran tujuh model mobil listrik di seluruh dunia, mulai dari mobil kompak hingga mobil berukuran lebih besar.
Perusahaan mobil asal Jepang ini juga menyasar pasar China dengan rencana meluncurkan 10 kendaraan listrik baru pada tahun 2027.
Seri baru Honda 0, khususnya konsep Saloon, diharapkan dapat berperan penting dalam strategi kendaraan listrik Honda. Diperkenalkan di Consumer Electronics Show (CES) pada Januari 2024, Saloon diharapkan menjadi kendaraan listrik andalan Honda.
Untuk mendukung tujuan ambisius kendaraan listriknya, Honda sedang membangun rantai pasokan yang kuat, termasuk kemitraan untuk baterai lithium-ion dan produksi internal dengan GS Yuasa.
Perusahaan juga berupaya mengamankan bahan baku baterai di Kanada sehingga mengurangi ketergantungan pada pemasok eksternal. Inisiatif strategis Honda bertujuan untuk mengurangi biaya baterai dan memastikan pasokan yang stabil untuk armada kendaraan listriknya yang terus bertambah.
Pada tahun 2030, Honda menargetkan kendaraan listrik dan kendaraan listrik sel bahan bakar (FCEV) menyumbang 40% dari penjualan kendaraan globalnya, dengan target 100% pada tahun 2040.