JAKARTA, prestasikaryamandiri.co.id – Aksi terhadap grup idola K-pop NCT yang dianggap sebagai brand Ambassador (BA) Starbucks dalam daftar boikot terus meningkat. Bahkan, NCTzen (sebutan penggemar NCT) mengirimkan truk boikot ke depan sebuah toko minuman keras di Korea (Korea Selatan).
Penggemar mengirimkan truk yang dilengkapi LED besar atas nama NCTzen International (NCTzen Intl). Langkah tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar penggemar grup idola menolak kolaborasi antara NCT dan merek minuman keras.
LED truk menampilkan teks dalam bahasa Inggris dan Hangul (Korea), dengan huruf kapital “BOYS”. Truk yang dikirim NCTzen ke Starbucks di Korea. – (khusus/khusus)
Truk tersebut tidak hanya menyasar pemilik retail, tapi juga menjadi pengingat bagi perusahaan manajemen NCT, SM Entertainment, untuk tidak melibatkan artisnya dengan perusahaan yang mendukung genosida Israel terhadap Palestina.
Para penggemar mengatakan mereka tidak akan meninggalkan NCT milik SM Entertainment atau grup idola lainnya tanpa berpartisipasi dalam dukungan merek tersebut terhadap genosida Israel.
“(Hashtag) #SM_boycott_genocide Hai SM, Kami tidak meninggalkan NCT dan WAYV atau artis-artis kalian yang berafiliasi dengan, atau mempromosikan, S**BU**CK atau perusahaan mana pun yang mendanai genosida Palestina, tapi mohon perhatikan keprihatinan kami,” tulis NCTzen pada truk.
Aksi NCTzen yang menolak keras kolaborasi NCT dengan minuman tersebut menjadi viral di media sosial (medsos). Meski demikian, tak sedikit netizen Korea yang menilai kelakuan NCTzen Intl tersebut dinilai berlebihan.
“Fans internasional menyebalkan,” kata salah satu netizen Korea.
“Apa gunanya mengirim truk ke toko Korea? Mengapa tidak mengirimkannya ke kantor pusat Starbucks di Amerika?” ,
“Mengapa tidak mengirimkannya ke SM?”
Seperti diberitakan sebelumnya, Taeyong “NCT” anggota grup idola K-Pop tersebut mengajak para penggemarnya untuk memboikot produk-produk pro-Israel. Pernyataan Taeyong muncul tak lama setelah perilisan merchandise NCT x Starbucks.
Ia menyerukan boikot produk pro-Israel melalui Instagram Story @taeoxo_nct.
Taeyong menulis di ‘NCT’: ‘Boikot’
Produk pinggiran NCT X Starbucks dikabarkan akan dirilis pada awal Mei 2024, terdiri dari kacamata dan aksesoris. Bahkan, warna hijau neon NCT juga menjadi warna yang disukai untuk sebuah produk.