Jakarta, prestasikaryamandiri.co.id – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadim Makarim menyatakan kurikulum merdeka membawa perubahan positif dalam sistem pendidikan Indonesia.
Kurikulum Merdeka telah diterapkan secara sukarela oleh lebih dari 300.000 departemen pendidikan dan rencananya akan diadopsi secara nasional mulai tahun ini. Lebih dari empat juta guru, kepala sekolah, siswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan dosen di seluruh Indonesia menggunakan platform Merdeka Mengazer untuk berbagi pengetahuan dan praktik terbaik.
“Kebangkitan terjadi dari Sabang hingga Merauke karena kami telah melatih lebih dari 100.000 guru mengemudi. Dengan jutaan mahasiswa yang mengikuti program Kampus Merdeka, kami siap memimpin Indonesia di mata dunia,” ujarnya. Jumat (3/5/2024) adalah Hari Kebangkitan Nasional di GBK Senayan Arena Jakarta, Indonesia.
Nadiam menyatakan keyakinannya akan dampak jangka panjang dari upaya ini dan optimistis mengenai masa depan jika gerakan ini terus berlanjut. Ia meyakini anak-anak masa kini mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga sekolah dasar akan menjadi generasi elit masa depan karena mendapat pendidikan menyenangkan yang menanamkan minat belajar sejak dini.
Melalui kurikulum mandiri, pengembangan bakat dan kemampuan peserta didik dikembangkan secara optimal sehingga tercipta sumber daya manusia (SDM) yang handal dan berdaya saing global di berbagai bidang.
“Saya yakin mahasiswa yang bersekolah di Kampus Merdeka akan menjadi pemimpin masa depan yang memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkolaborasi dan berinovasi,” ujarnya.
Segala prestasi tersebut, lanjut Nadiam, hanya bisa terwujud berkat dukungan kuat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi terus memandu pengembangan pendidikan yang proaktif dan progresif.
“Mari kita jadikan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai momentum untuk merayakan prestasi dan mewujudkan impian. Mari bersama-sama kita lanjutkan kemerdekaan belajar menuju Indonesia yang lebih baik!” dia menyimpulkan.