Jakarta, prestasikaryamandiri.co.id – Sebagai wujud komitmen PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dalam memperkuat perekonomian nasional, PNM menghadirkan program Mekaarpreneur. Program ini dirancang khusus untuk membantu pelanggan PNM Mekaar.

Sebanyak 50 pelanggan terpilih dari sektor katering dan perdagangan mengikuti rangkaian pelatihan intensif dan pembinaan bisnis selama tiga bulan. Tujuan utamanya adalah meningkatkan daya saing perusahaan pelanggan melalui digitalisasi dan transformasi bisnis.

Mekaarpreneur meliputi pelatihan komprehensif dalam tiga tahap dimana peserta mendapatkan materi mengenai digitalisasi produk, mulai dari presentasi dasar hingga penerapan pemasaran digital, e-commerce, dan manajemen bisnis berbasis digital. Menariknya, setiap tahapan pelatihan disertai dengan proses penyisihan, sehingga di akhir program hanya tersisa 10 peserta terbaik yang berhak mempresentasikan perusahaannya.

Direktur PNM Arief Mulyadi menjelaskan, upaya yang dilakukan perseroan antara lain dengan memberikan pelatihan intensif kepada nasabah selain pembiayaan.

“Usaha penghidupan kelompok ini unik, tidak bisa disamakan dengan UMKM atau usaha mikro, karena pelaku ekonominya adalah perempuan-perempuan prasejahtera yang membutuhkan pendampingan khusus dan intensif namun tetap perlu membangun jiwa kompetitif,” jelas Arief.

PNM meyakini digitalisasi menjadi kunci untuk menjawab tantangan dunia usaha saat ini, khususnya di sektor kuliner dan kerajinan yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Program tiga bulan ini dibagi menjadi tiga fase utama. Setiap fase berfokus pada aspek bisnis yang berbeda, seperti operasi, branding, pemasaran digital, dan pengembangan produk kreatif. Di akhir setiap tahap dilakukan evaluasi dan penyisihan sehingga hanya peserta terbaik yang lolos ke tahap berikutnya.

Puncak acara Mekaarpreneur adalah presentasi bisnis dari sepuluh besar peserta. Mereka mempresentasikan inovasi dan strategi pengembangan bisnisnya di hadapan juri yang terdiri dari praktisi bisnis dan pakar industri. Dari presentasi ini, akan dipilih tiga peserta teratas untuk menerima penghargaan sebagai pengakuan atas kerja keras dan dedikasi mereka selama program berlangsung.

“Kami sangat berharap program ini dapat memberikan dampak positif tidak hanya bagi nasabah tetapi juga bagi sektor ultra mikro di Indonesia secara keseluruhan. “Dengan meningkatkan keterampilan digital dan strategi bisnis, kami berharap pelanggan Mekaar dapat membawa bisnisnya ke level selanjutnya dan berbagi pengetahuan serta inspirasi dengan pelanggan lain di grupnya,” tutup Arief.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *