Jakarta, prestasikaryamandiri.co.id – Pesatnya perkembangan teknologi membawa perubahan signifikan dalam praktik belanja online masyarakat. Di Indonesia, para pemain e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan TikTok terus meningkatkan daya saingnya melalui inovasi fitur dan aplikasi.

Hal ini bertujuan untuk lebih meningkatkan pengalaman belanja online sehingga konsumen dapat merasakan pengalaman berbelanja yang memuaskan secara keseluruhan.

Andi Sukma, CEO IPSOS Indonesia, mengatakan riset IPSOS menunjukkan konsumen Indonesia lebih selektif dalam memilih platform e-commerce utama mereka.

Ketersediaan berbagai fitur dan program yang menunjang kepuasan belanja online menjadi salah satu faktor penentu loyalitas masyarakat terhadap platform tersebut, kata Andi dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (22/06/2024).

Dengan hadirnya platform e-commerce di masyarakat, terdapat kecenderungan masyarakat yang memilih belanja online sebagai alternatif utama untuk memenuhi kebutuhannya.

Seiring meningkatnya popularitas belanja online, platform e-commerce harus menyesuaikan strateginya dan memperkenalkan berbagai inovasi untuk memberikan pengalaman belanja online yang memuaskan bagi pengguna yang semakin menuntut.

Dalam survei IPSOS yang dilakukan melalui metode panel online, ditemukan bahwa Shopee menjadi yang tertinggi dalam menawarkan dan memberikan tingkat kepuasan tertinggi dalam pengalaman belanja online.

Indeks tingkat kepuasan berbanding lurus dengan aspek konsultasi pengalaman belanja online dari hulu hingga hilir.

Keunggulan kepuasan pembeli didukung oleh data yang merupakan pilihan pertama yang direkomendasikan pembeli kepada keluarga dekatnya (62%), disusul Tokopedia (46%), TikTok Store (42%) dan Lazada (36%). Temuan ini mengukuhkan posisi Shopian sebagai situs e-commerce terdepan dalam memberikan pengalaman berbelanja paling memuaskan bagi pembeli.

Dari data yang diperoleh dan disajikan melalui survei-survei tersebut, terlihat jelas bahwa pelanggan memahami pentingnya memberikan pengalaman belanja online yang memuaskan dari awal hingga akhir.

Retailer tersebut tidak hanya menawarkan beragam metode pembayaran, produk lengkap, harga termurah, dan beragam layanan pengiriman cepat serta proses pembayaran yang mudah, namun juga menggunakan fitur interaktif seperti live streaming dan video pendek untuk meningkatkan keterlibatan dan kepuasan pelanggan.

Semua fitur tersebut menjadikan Shopee sebagai platform e-commerce yang paling dipercaya dan direkomendasikan oleh konsumen Indonesia.

Meningkatnya jumlah masyarakat yang mengandalkan e-commerce untuk memenuhi kebutuhannya dibarengi dengan peningkatan preferensi yang harus dipenuhi terhadap produk dan kategori yang lengkap, serta ketersediaan toko resmi yang paling beragam.

Dalam hal ini, Shopee memiliki persentase lebih tinggi dalam menawarkan beberapa toko resmi sebesar 68% dibandingkan pesaingnya Tokopedia (15%), Lazada (9%) dan TikTok Store (7%).  

Selain integritas produk, konsumen cenderung memilih platform e-commerce termurah, dengan Shopee memimpin dengan 64 persen, mengungguli Lazada (13 persen), Tokopedia (12 persen) dan TikTok (11 persen).

Keunggulan toko didukung oleh tersedianya program Jaminan Harga Terendah (GHT) yang paling diakui oleh 74% responden.

Di sisi lain, fitur dengan harga terendah di antara platform lainnya dicatat oleh asosiasi rendah seperti Lazada (49%), Tokopedia (47%) dan Tiktok Store (37%). Informasi ini didukung oleh temuan penelitian bahwa 88% pembeli sering menggunakan Jaminan Harga Terbaik Toko

Responden juga menilai beragam pilihan layanan sangat penting karena meningkatkan rasa nyaman dan percaya diri konsumen dalam berbelanja online. Tenda (66%) merupakan e-commerce dengan layanan pengiriman terlengkap, disusul Tokopedia (16%), Lazada (10%) dan TikTok Store (7%).

Dengan berkembangnya inovasi platform e-commerce, preferensi masyarakat semakin meningkat tidak hanya dalam menentukan pemilihan produk namun juga dalam melakukan pembelian.

Kini, fitur interaktif seperti live shopping dan video pendek menjadi nilai tambah untuk membantu orang memilih. IPSOS menemukan bahwa 63% responden menganggap Shopee sebagai salah satu situs e-commerce terbaik yang menawarkan layanan live streaming, diikuti oleh TikTok (17%), Tokopedia (10%) dan Lazada (9%).

Selain itu, dalam indeks e-commerce dengan fitur video pendek paling menarik, Shope memimpin dengan 61%, disusul TikTok store (18%), Tokopedia (10%) dan Lazada (9%). 

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *