Yogyakarta, prestasikaryamandiri.co.id – Mekanik merupakan salah satu profesi yang memegang peranan sangat penting dalam perjalanan kereta api. Mereka tidak sekedar mengemudikan kereta api, mereka adalah orang-orang yang sangat penting dalam menjaga kelancaran dan keselamatan pengoperasian kereta api. Pengemudi bertanggung jawab untuk mengoperasikan kereta dengan terampil, menjaga jadwal perjalanan, dan memberikan pengalaman perjalanan yang nyaman dan aman kepada pelanggan.

Perjalanan menjadi seorang masinis tidaklah semudah yang dikira karena harus melalui proses yang panjang. Pertama-tama, proses menjadi seorang masinis diawali dengan mengikuti proses seleksi rekrutmen yang dilakukan oleh PT KAI dan bersaing dengan ribuan pelamar. Proses seleksinya sangat ketat dan memakan waktu sekitar tiga bulan. Masyarakat yang ingin berkarir di bidang penyelenggaraan angkutan kereta api, seperti pengemudi, harus dalam keadaan sehat. Standar evaluasi pada tahap psikotes juga berbeda dengan perekrutan untuk pekerjaan lain.

“Kesehatan dan mental pekerja dapat berdampak besar terhadap pencapaian produktivitas kerja. Insinyur harus berhati-hati, penuh perhatian, tidak mudah stres, dan percaya diri sehingga dapat menjamin keselamatan dan keamanan dalam pengoperasian kereta api,” kata Hubungan. Manajer KAI Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro kepada prestasikaryamandiri.co.id, Sabtu (5/10/2024).

Kemudian, setelah melewati proses rekrutmen dan menjadi calon karyawan, Anda langsung menjadi mesin. Calon karyawan harus belajar selama total 8 bulan.

“Selama masa pendidikan, para calon tenaga kerja akan dibekali ilmu pengetahuan dan jasmani sehingga dapat menjalankan tugas sebagai teknisi secara kompeten dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” kata Krisbiyantoro.

Pendidikan yang harus diselesaikan setelah bekerja meliputi dua minggu alat pelindung diri (APD), kemudian 2,5 bulan pelatihan dasar staf stasiun kereta api, satu bulan pelatihan depo, dua bulan pelatihan melarikan diri, dan layanan kereta api. praktik.

Setiap kursus pelatihan yang dilaksanakan mempunyai ujian akhir yang mengharuskan pesertanya lulus dan memiliki sertifikat kelulusan. Setelah melalui serangkaian pelatihan dan kelulusan yang panjang, karyawan akan melanjutkan ke jenjang berikutnya, termasuk pertama-tama stasiun kereta api dasar. . karyawan. (asp). Untuk menjadi ASP primer akan ada tes lagi hingga mendapat nilai kelulusan.

ASP di tingkat Pratama dipekerjakan sebagai asisten insinyur yang membantu insinyur dalam pelayanan perkeretaapian dan sebagai asisten insinyur. ASP tingkat pemula harus menyelesaikan 2.000 jam perjalanan kereta api sebelum melanjutkan ke tingkat berikutnya.

Kedua, staf muda stasiun kereta api (ASP). Setelah melalui langkah-langkah pada ASP dasar, masinis akan melalui serangkaian tes dan pelatihan kembali. Setelah lulus, Anda akan menyelesaikan 8.000 jam perjalanan kereta api sebagai penumpang yang mengoperasikan kereta reguler dan frekuensi.

Ketiga, staf perkeretaapian tingkat menengah (ASP). Setelah melewati rank di level bawah ASP, mekanik akan menjalani pengujian dan pelatihan kembali untuk naik ke level berikutnya. ASP tingkat menengah dapat memakan waktu 1 tahun 11 bulan atau lebih, tergantung pada pelaksanaan pelatihan dan sertifikasi ASP Muda. ASP tingkat menengah memiliki tanggung jawab yang sama persis dengan teknisi junior tetapi dapat ditugaskan sebagai supervisor atau instruktur.

Calon teknisi dididik di Balai Pelatihan Teknik Perkeretaapian (BP-TP) Sofyan Hadi Bekasi untuk peralatan kelistrikan dan di Balai Pelatihan Teknik Traksi (BP-TT) Darman Prasetyo Yogyakarta untuk peralatan non kelistrikan.

Pendidikan dan pelatihan yang dilakukan tidak semudah yang dibayangkan. Calon tenaga profesional harus lulus dan bersertifikat untuk menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan personel stasiun kereta api sesuai sistem operasi.

Tak hanya itu, calon teknisi harus lulus uji kompetensi sebagai pegawai stasiun kereta api sesuai dengan sistem operasi.

Persyaratan yang ketat untuk menjadi seorang arsitek bukan berarti profesi ini hanya diperuntukkan bagi laki-laki. KAI juga membuka peluang bagi para pahlawan Indonesia untuk menjadi pengrajin. Hal ini jelas menunjukkan kepedulian perusahaan terhadap kesetaraan gender di dunia kerja, kata Krisbiyantoro. 

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *