Bekasi, prestasikaryamandiri.co.id – Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM), Octavianos de Potro mengungkapkan, penjualan sepeda motor dalam negeri di Indonesia mengalami penurunan selama empat bulan pertama tahun 2024. Demikian menurut laporan industri sepeda motor Indonesia. Asosiasi (AISI) yang mencatat penurunan penjualan sepeda motor. AHM telah mengumumkan beberapa strategi penjualan di tahun 2024.

Sepanjang Januari hingga April 2024, sebanyak 2.154.226 unit sepeda motor terjual secara grosir, yakni penjualan dari pabrik ke diler. Angka tersebut mengalami penurunan sebesar 1,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2023.

“Kalau melihat angka AISI, referensinya justru menunjukkan penurunan pasar sebesar 1,1 persen hingga April,” kata Octavianos kepada media saat peluncuran produk terbaru BeAT di AHM Safety Riding & Training Center, Bekasi, Senin (3/6/2024 ). ).

Di tengah penurunan penjualan sepeda motor, AHM melakukan analisis dari berbagai aspek termasuk segmentasi pasar dan demografi. Octavianus menyatakan bahwa memahami kebutuhan konsumen dari perspektif demografis merupakan langkah penting untuk tetap relevan di pasar yang dinamis.

Inovasi produk sangat penting untuk mengimbangi tren yang sedang berkembang, tambahnya.

“Inovasi sangat penting, agar dapat mengikuti perkembangan tren, namun tetap inovatif dan memenuhi kebutuhan pasar,” ujarnya.

Ia menambahkan, “Sebenarnya di tengah stagnasi pasar ini, jika kita melihat sektor dan sektornya, mengapa Honda masih mempertahankan pangsa pasarnya? Pertama, kami memiliki produk inovatif yang memenuhi kebutuhan pasar di tahun Kami sedang meningkatkan proses. di lembaga dan layanan.” . Oktavianus

Menurutnya, selain produksi, hal-hal di luar produksi juga perlu diperhatikan. Octavianus menjelaskan pihaknya secara rutin mengevaluasi penjualan dan peluang pasar saat ini untuk memastikan strategi yang tepat.

“Setelah itu, bersama ekosistem pendukung sebagai perusahaan finansial, kami selalu melakukan pembenahan purna jual, dan hal ini seolah memberikan peluang bagi brand Honda untuk diterima di pasar Indonesia,” ujarnya.

Oktavianus kemudian menambahkan, Indonesia yang secara geografis terdiri dari banyak pulau, memerlukan analisa lebih dalam. Ia meyakini kondisi geografis Indonesia yang beragam memerlukan strategi yang tepat untuk membidik target pasar.

“Kalau kembali ke kecerdikan kami dalam melihat ruang situasional, masyarakat Jawa dan non-Jawa masih mempunyai situasi dan kebutuhan yang berbeda, kami memberikan pilihan kepada konsumen sesuai kebutuhan pasar,” kata Octavianus.

PT Astra Honda Motor (AHM) terus menduduki peringkat tiga sepeda motor terlaris tahun 2024 dengan tiga produknya di tengah lesunya pasar sepeda motor. Ada juga tiga produk antara lain Honda BeAT eSP, Honda Vario. 125 eSP dan Honda Scopi.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *