JAKARTA, prestasikaryamandiri.co.id – Sebagai agen pembangunan, Bank Mandiri berkomitmen mendorong transaksi ekspor-impor untuk mendukung pembangunan perekonomian nasional. Salah satu upayanya, bank berlogo pita emas ini mendukung penuh Trade Expo Indonesia (TEI) 2024 yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan RI yang akan digelar pada Oktober 2024. Pameran tahunan ini menampilkan karya-karya terbaik Indonesia. produk ke pasar global dan memfasilitasi pertemuan antara pengusaha lokal dan asing dengan tujuan menjalin kerja sama bisnis dan investasi.
Kementerian Perdagangan memperkirakan potensi transaksi mencapai US$15 miliar dari lebih dari 1.000 peserta pameran di Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39. Sedangkan target kehadiran pada tahun ini sebanyak 30.000 orang.
Senior Vice President Government Solutions Bank Mandiri Eland Rinni Patti mengatakan bank bersandi BMRI ini akan terus berkontribusi memperkuat ekosistem bisnis bangsa seiring kiprah Indonesia di kancah internasional. Oleh karena itu, Bank Mandiri memberikan layanan perbankan yang komprehensif bagi para pengusaha untuk membiayai usahanya.
Dari sisi inovasi, Bank Mandiri merupakan salah satu bank paling aktif di Indonesia dalam mengoptimalkan perangkat digital bagi nasabah grosir atau korporasi. Hal ini terlihat dari Copra melalui Mandiri Digital Super Platform yang diterima sangat antusias oleh pelanggan sejak diluncurkan.
“Bank Mandiri memiliki grosir kopra super digital melalui platform Mandiri yang dapat digunakan pelaku ekspor dan impor. “Copra melalui Mandiri mendukung efisiensi bisnis dengan memberikan kemudahan pembukaan rekening giro, pertanyaan, akses layanan bisnis melalui saluran elektronik, cash management, navigasi layanan valuta asing dan transaksi nasabah,” jelas Aland.
Bank Mandiri memberikan layanan pada setiap tahapan bisnis nasabah dengan menggunakan metode pembayaran antara lain Documentary Letter of Credit, Documentary Collection dan Open Account. Selain layanan, Bank Mandiri memberikan solusi pembiayaan untuk setiap bisnis nasabah, mulai dari pengiriman (pre-shipment financing), dalam perjalanan, setelah pengiriman (post-shipment financing).
Dengan Copra by Mandiri, nasabah dapat melacak transaksi secara real time dan mendapatkan pencairan kredit dengan layanan same day service. Sejalan dengan tren global yang menunjukkan dominasi dan meningkatnya penggunaan metode pembayaran non-kredit, Bank Mandiri juga mendukung pembiayaan transaksi non-kredit yang memiliki nilai kredit lebih tinggi dibandingkan letter of credit.
Bank Mandiri tidak hanya mendukung kegiatan ekspor, tetapi juga memperkuat sektor logistik yang merupakan elemen penting dalam rantai pasok bisnis. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah otomatisasi pembayaran tagihan layanan kepelabuhanan melalui layanan Copra Auto Collection yang terintegrasi dengan sistem operator pelabuhan. Layanan ini memfasilitasi pembayaran tagihan bagi operator pelabuhan dan perusahaan pelayaran secara terpadu dan real time.
Bank Mandiri tidak hanya mendukung kegiatan ekspor, tetapi juga memperkuat sektor logistik yang merupakan elemen penting dalam rantai pasok bisnis. Hal tersebut diwujudkan melalui keberadaan Mandiri Logistics Solutions yang merupakan solusi transaksional kegiatan kepelabuhanan dan logistik.
Untuk melengkapi solusi transaksi dan mendukung terciptanya cashless society, Bank Mandiri juga menghadirkan solusi port Copra Dashboard untuk kemudahan pemantauan transaksi logistik melalui Copra Auto Collection dan Port Community Card.
Bank Mandiri berharap dapat meningkatkan efisiensi dan kemudahan transaksi pembayaran di sektor logistik dan pelabuhan dengan solusi sektor ini. Selain itu, bank juga menawarkan Mandiri Port Community Card, sebuah layanan solusi pembayaran yang menggunakan kartu debit khusus.
Kartu tersebut hanya dapat digunakan di area pelabuhan dan area kargo di bandara sehingga memudahkan pengusaha di bidang pelabuhan untuk mengintegrasikan pembayaran dan kredit. Bank Mandiri berharap dapat meningkatkan efisiensi dan kemudahan transaksi pembayaran di sektor logistik dan pelabuhan dengan solusi sektor ini.
“Dengan hadirnya Copra melalui Mandiri, nasabah dapat dengan mudah mengelola informasi dan pesan transaksi secara terpadu, cepat, aman dan nyaman dalam platform yang efisien dan terintegrasi,” jelasnya.
Hingga Maret 2024, Copra akan memiliki lebih dari 182.000 pengguna yang menggunakan Mandiri, dengan peningkatan frekuensi sebesar 19,4% dibandingkan tahun sebelumnya. Copra akan Mandiri mampu meningkatkan jumlah transaksi hingga Rp 19,1 triliun dan merupakan nilai transaksi digital tertinggi untuk grosir.
Kemudahan pendaftaran mandiri dengan mengisi formulir elektronik di website kopra.bankmandiri.co.id. Copra melalui Mandiri mengedepankan efisiensi bisnis dengan memberikan kemudahan pembukaan rekening giro, pertanyaan, akses layanan bisnis melalui saluran elektronik, pengelolaan kas, navigasi layanan valuta asing dan transaksi nasabah. Kemudahan pendaftaran mandiri dengan mengisi formulir elektronik di website kopra.bankmandiri.co.id