Jakarta, prestasikaryamandiri.co.id – Pasar tablet global mengalami pemulihan pada kuartal II tahun 2024. Menurut data International Data Corporation (IDC), total pengiriman tablet dibandingkan periode yang sama tahun lalu meningkat 22,1% menjadi 34,4. juta unit.
Seperti diberitakan Gizchina, Selasa (8/6/2024), Apple tetap menjadi pemimpin pasar dengan pengiriman 12,3 juta unit. Angka tersebut meningkat 18,2 persen dari tahun lalu. Kesuksesan ini berkat iPad Air serta model iPad Pro 11 inci dan 13 inci, khususnya di luar Tiongkok.
Samsung berada di posisi kedua dengan 6,9 juta unit. Jumlahnya meningkat 18,6 persen. Meskipun Samsung tidak meluncurkan produk baru pada kuartal tersebut, strategi bisnis yang efektif membantu mereka meningkatkan kinerjanya.
Lenovo berada di posisi ketiga dengan 2,5 juta unit, naik 16,7% dari tahun lalu. Huawei menyusul dengan 2,3 juta unit, meningkat 40,3 persen.
Xiaomi melengkapi daftar lima besar dengan pertumbuhan mengesankan sebesar 94,7 persen. Pada kuartal ini, Xiaomi mengirimkan 2 juta unit.
Kinerja kuat Xiaomi di pasar dalam negerinya di Tiongkok dan Asia Pasifik, serta peningkatan pangsa pasarnya di Eropa, Rusia, Prancis, Jerman, Italia, dan Spanyol, menjadi alasan utama pertumbuhan ini.