Jakarta, prestasikaryamandiri.co.id – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menjadi sponsor utama selama empat musim berturut-turut di ajang kompetisi utama sepak bola se-Indonesia, BRI Liga 1 Musim 2024-2025. Hal itu disampaikannya dalam jumpa pers yang dihadiri Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, Wakil Direktur. Direktur Utama BRI Catur Budi Harto, Direktur Utama PT LIB (Liga Indonesia Baru) Ferry Paulus dan Direktur Surya Citra Media (SCM) Harsiwi Achmad di BRILian Center, Jakarta (6/8/2024).
Dalam sambutannya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengapresiasi komitmen BRI menjadi sponsor BRI Liga 1 selama empat tahun berturut-turut.
“Pertama kali BRI menjadi sponsor Liga adalah pada masa Covid-19 saat liga sepak bola di seluruh dunia dihentikan, namun BRI berani mengambil sikap bahwa sepak bola di Indonesia tidak boleh mati,” tambah Erick.
Erick pun berharap BRI Liga 1 musim 2024/2025 semakin mengangkat sepakbola Indonesia secara keseluruhan yang tengah menjadi perbincangan di level Asia. Menurutnya, serangkaian aturan baru liga yang siap diterapkan di musim baru harus mampu meningkatkan kualitas liga dan kualitas klub peserta agar bisa lebih kompetitif di kompetisi Liga Asia.
“Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas liga kita agar naik level di Asia dan ASEAN. Tidak hanya itu, persaingan yang aman dan nyaman bagi penonton tetap menjadi prioritas di setiap musim liga baru. Setelah lebih dari setahun membenahi liga nasional. tim, kini saatnya PSSI memperbaiki liga,” kata Erick.
Di sisi lain, dalam sambutannya Wakil General Manager BRI Catur mengungkapkan alasan utama BRI kembali menjadi sponsor selama empat tahun berturut-turut tidak terlepas dari komitmen perusahaan untuk terus menciptakan nilai ekonomi dan menghasilkan nilai sosial di masyarakat.
Pertama, sepak bola masih menjadi olahraga terpopuler di Indonesia bahkan dunia, hal ini sejalan dengan profil BRI yang memiliki keinginan untuk melayani masyarakat luas dari berbagai segmen yang tersebar di seluruh Indonesia.
Oleh karena itu, kami menilai kompetisi BRI Liga 1 merupakan sarana yang efektif dan efisien untuk meningkatkan eksposur layanan dan produk BRI, khususnya aplikasi super digital banking yang menjadi andalan BRI yaitu BRImo, kata Catur.
Keikutsertaan BRI sebagai sponsor utama Liga 1 dalam 3 tahun terakhir memberikan dampak positif terhadap peningkatan awareness masyarakat terhadap brand korporasi BRI dan juga brand produk BRI khususnya BRImo.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh BRI Research Institute, terdapat peningkatan kesadaran dari tahun ke tahun, dimana pada tahun 2021 hanya 79% pemirsa yang mengetahui bahwa BRI adalah sponsor utama, namun pada tahun 2022 meningkat menjadi 98,6%, dan pada tahun 2023 kesadaran Masyarakat menuju BRI Liga 1 sudah mencapai 100%.
Catur juga menambahkan, alasan BRI mendukung gelaran BRI Liga 1 2024-2025 tidak lepas dari faktor ekonomi yang tercipta dari dimulainya kompetisi. Berdasarkan survei LPEM Universitas Indonesia pada tahun 2020, omzet ekonomi kompetisi Liga 1 diperkirakan akan menghasilkan omzet sebesar Rp 2,7-3 triliun dalam satu tahun.
Namun berdasarkan hasil riset terbaru yang dilakukan BRI Research Institute yang dipublikasikan pada Juli 2024, penyelenggaraan BRI Liga 1 berpotensi menciptakan perputaran uang (ekonomi produksi) jauh lebih besar bagi perekonomian Indonesia, mencapai sekitar Rp 10,42 triliun dan perputaran uang tersebut mampu menciptakan nilai tambah perekonomian (PDB) sebesar Rp 5,93 triliun.
Selain itu, terdapat tambahan pendapatan rumah tangga bagi pekerja sebesar Rp2,27 triliun, potensi penerimaan pajak tidak langsung bagi pemerintah sebesar Rp866 miliar, dan penciptaan lapangan kerja bagi sekitar 45 ribu orang.
Berdasarkan hasil riset tersebut, kami memproyeksikan kompetisi BRI Liga 1 musim 2024-2025 juga akan memberikan dampak ekonomi yang positif bagi para pemain utama untuk mengaktifkan kembali mata rantai sosial ekonomi dan meningkatkan pendapatan para pemain MIPI, ujarnya. menjelaskan. Empat.
Tentunya BRI berharap dengan berjalannya kompetisi BRI Liga 1 dapat memberikan dampak positif bagi iklim kompetisi sepak bola nasional, sehingga liga ini dapat melahirkan talenta-talenta muda berbakat yang akan memacu prestasi sepak bola Indonesia di kancah dunia. ” tambah Catur. .
BRI berharap kompetisi tahun ini dapat berjalan lancar dan kualitasnya dapat terus meningkat.
“Seperti yang kita semua rasakan, terus membaiknya prestasi timnas sepak bola Indonesia yang diraih saat ini tidak lepas dari kiprah kompetisi BRI Liga 1 yang juga semakin membaik,” imbuhnya.
Dalam kesempatan yang sama, Ketua Eksekutif PT Liga Indonesia Baru Ferry Paulus mengatakan LIB bangga bisa menjalin kerja sama dengan BRI.
“Kami merasakan manfaat dari paparan dan dampaknya bagi para pengusaha di daerah yang merasakan kerjasama LIB dan BRI. Kedepannya kami akan meningkatkan kerjasama melalui penjualan tiket dan semua klub sudah sepakat tiketingnya melalui BRI,” tambah Ferry. .
Sementara itu, Direktur Surya Citra Media (SCM) Harsiwi Achmad mengatakan rating dan viewership share BRI Liga 1 musim 2023-2024 merupakan yang tertinggi dalam 5 musim terakhir. BRI pun optimistis BRI Liga 1 2024-2025 akan melanjutkan momentum positif kebangkitan sepak bola Indonesia.
Menyambut BRI Liga 1 2024 – 2025, BRI berharap dimulainya kompetisi tersebut dapat menjadi momentum untuk terus mengembangkan ekosistem sepak bola nasional, serta menyukseskan rencana transformasi sepak bola Indonesia 2023-2045. .