Lombok Tengah, prestasikaryamandiri.co.id – PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok (BIL), Nusa Tenggara Barat (NTB) sukses melayani 115.597 penumpang pada libur lebaran 2024.

Angka tersebut naik 9% dibandingkan periode Idul Fitri tahun lalu, mencerminkan besarnya antusias masyarakat merayakan Idul Fitri di kawasan berjuluk Pulau Seribu Masjid itu.

“Peningkatan pesat ini menunjukkan optimisme dan kepercayaan masyarakat terhadap Bandara Lombok sebagai pintu gerbang utama menuju NTB,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok Minggus E T, Sabtu (20/4/2024).

Saat perayaan Idul Fitri, bandara Lombok tidak hanya kedatangan penumpang yang lebih banyak. Namun ada juga pergerakan pesawat dan kargo.

Pergerakan pesawat tercatat meningkat 15% menjadi 1.160, sedangkan pergerakan kargo meningkat 16% menjadi 573.555 kilogram.

Minggus menjelaskan, puncak arus mudik lebaran terjadi pada H-3 Idul Fitri sebanyak 9.202 penumpang, sedangkan arus balik terjadi pada H+3 Idul Fitri sebanyak 9.224 penumpang. Rata-rata arus penumpang dicatat selama perjalanan pulang dan pulang.

“Upaya pemulihan pascapandemi menunjukkan hasil positif. Tingkat pemulihan Bandara Lombok dibandingkan Lebaran 2019 sebesar 83%,” tambah Minggus.

Minggus mengungkapkan, sebanyak 37% penumpang asal Lombok memilih Jakarta sebagai tujuan utama mereka. Diikuti oleh Surabaya (27%), Bali (12%), Kuala Lumpur (6%) dan Yogyakarta (2%).

“Capaian ini menjadi dorongan penting bagi Bandara Lombok yang akan semakin mendukung kemajuan NTB dan perekonomian nasional,” kata Minggus.

Minggus juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kelancaran operasional Bandara Lombok selama Idul Fitri 2024.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kerja dan dedikasinya. Sehingga Bandara Lombok dapat memberikan pelayanan yang baik kepada pengguna dan operasional bandara berjalan dengan baik,” tutupnya.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *