Surabaya, prestasikaryamandiri.co.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Angkutan Penumpang Surabaya mencatatkan hasil positif, yakni peningkatan jumlah pelanggan pada semester I 2024 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Dari data yang ada, selama periode 1 Januari hingga 30 Juni 2024, volume pelanggan di KAI Daop 8 Surabaya tercatat sebanyak 2,896 juta pelanggan. Rinciannya, penumpang kelas eksekutif 939.181 orang, kelas bisnis 125.003 orang, dan kelas ekonomi 1,832 juta orang.
Sedangkan pada periode yang sama tahun lalu, yakni 1 Januari hingga 30 Juni 2023, KAI Daop 8 Surabaya memiliki 256,5 juta pelanggan. Rinciannya, penumpang kelas eksekutif sebanyak 862.125 orang, penumpang kelas bisnis sebanyak 126.878 orang, dan penumpang kelas ekonomi sebanyak 1.576 ribu orang. Luqman Arif mengatakan jumlah pelanggan bertambah 330.976 orang di KAI Daop 8 Surabaya. 12,9% pada semester I tahun 2024 dibandingkan periode I tahun sebelumnya.
“Peningkatan jumlah pelanggan pada semester I tahun 2024 dibandingkan semester I tahun 2023 diperkirakan disebabkan oleh inovasi peningkatan pelayanan yang dilakukan KAI Daop 8 Surabaya,” kata Luqman Arif, Senin (8/12). 7). /2024).
Luqman Arif mengungkapkan beberapa inovasi yang dilakukan selama setahun terakhir, antara lain renovasi fasilitas, penambahan kereta baru, peningkatan kecepatan, dan peningkatan fasilitas pelayanan pelanggan di stasiun.
Selain itu, Luqman Arif menegaskan KAI Daop 8 Surabaya berkomitmen meningkatkan fasilitas pelayanan pelanggan dengan harapan dapat meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan transportasi kereta massal di Surabaya dengan aman, nyaman, terjamin dan tepat waktu.
“KAI Daop 8 Surabaya juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan loyalitas masyarakat yang telah memilih angkutan kereta api sebagai pilihan utama untuk menunjang mobilitas,” tutupnya.