Jakarta, prestasikaryamandiri.co.id – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mengajak para pelaku usaha mikro kecil dan menengah untuk merayakan Hari Pelanggan Nasional dengan memberikan apresiasi kepada pelanggan. Pengakuan dapat diberikan dengan memberikan pelayanan prima dan menunjukkan keramahtamahan atau kebaikan.
Sekretaris Perusahaan PNM L. Dodot Patria Ary menilai keramahan merupakan hal yang perlu diasah dan diterapkan oleh para pengusaha khususnya klien PNM Mekaar. Hal ini diyakini dapat membantu memenangkan hati pelanggan dan meningkatkan kepuasan mereka, sehingga menghasilkan lebih banyak pembelian.
“Ini merupakan tantangan besar bagi para pelaku UMKM untuk tampil menonjol dalam persaingan pasar yang ketat. Hospitality bisa dimulai dari sapaan ramah dan senyuman saat melayani pelanggan. ‘Tinggalkan kesan yang baik agar mereka merasa nyaman dan mau menjadi pelanggan,’” jelas Dodot.
Menurut Dodot, UKM juga bisa meniru perusahaan besar dan belajar dari mereka dalam memberikan layanan.
“Meski skala usahanya mikro, namun jasa harus berusaha beradaptasi dengan standar makro,” tambahnya.
Memahami keramahtamahan tidak hanya menjadi kunci untuk menjaga loyalitas pelanggan, namun juga merupakan faktor penting dalam keberhasilan pertumbuhan bisnis. Pelaku UMKM juga didorong untuk membedakan diri agar bisa bersaing dengan vendor lain di industri yang sama.
“Suasana yang menyenangkan saat berbelanja mempengaruhi perasaan pembeli terhadap pengalaman tersebut, apalagi ketika UKM memahami preferensi pelanggan, pasti berdampak pada peningkatan penjualan karena menimbulkan rasa nyaman,” jelas Dodot.
PNM percaya bahwa penerapan perhotelan menciptakan hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan dan merupakan investasi yang sangat berharga dalam keberlanjutan usaha mikro.