Jakarta, prestasikaryamandiri.co.id – Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) mulai melakukan pendaftaran pegawai negeri sipil dengan kontrak kerja (PPPK) tahun 2024. Ketahui syarat pendaftaran, cara dan link PPPK 2024 agar lolos seleksi.
Pengumuman dimulainya pendaftaran PPPK tahun 2024 dilakukan melalui surat nomor 6610/B-KS.04.01/SD/K/2024 tanggal 27 September 2024 dan ditandatangani oleh Plt Direktur Jenderal BKN Haryomo Dwi Putranto.
Syarat Pendaftaran PPPK 2024 PPPK 2024 dapat didaftarkan dalam empat kategori. yakni pelamar prioritas yang merupakan guru dan bidan dengan pendidikan D-4 tahun 2023, mantan pegawai honorer kategori II, pegawai non-ASN yang terdaftar di database BKN, dan non-ASN. Pegawai yang aktif bekerja di suatu instansi nasional.
Ringkasnya, dari situs resmi Kementerian Pemberdayaan Aparatur Nasional dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), pelamar PPPK dapat dikatakan harus memiliki pengalaman kerja sesuai dengan kompetensi pekerjaannya. Dalam hal ini, pemerintah akan mengalokasikannya sesuai dengan tingkat kemampuan pemohon.
Jenjangnya adalah Novice, Adept, Advanced, Instructor, dan First Expert yang memerlukan pengalaman kerja minimal 2 tahun, sedangkan Young Expert memerlukan pengalaman kerja minimal 3 tahun.
Persyaratan ini tidak berlaku untuk jabatan fungsional dosen, jabatan fungsional kepala sekolah, dan jabatan fungsional terkait kesehatan. Untuk posisi mengajar, standar pengalaman yang dibutuhkan adalah:
1. Minimal 2 tahun di tingkat Asisten Ahli
2. Memiliki pendidikan S-3 (PhD) minimal 3 tahun.
3. Harus telah mengenyam pendidikan magister selama 5 tahun atau lebih
4. Minimal 5 tahun di tingkat associate professor
Persyaratan bagi pelamar penyandang disabilitas. Sesuai dengan Peraturan Menteri Lembaga Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 347 Tahun 2024 tentang Mekanisme Seleksi Pegawai Negeri Sipil dengan Kontrak Kerja Tahun 2024, penyandang disabilitas di bawah usia dua tahun dapat mendaftar untuk mengikuti PPPK2024. kondisi. :
1. Melampirkan surat keterangan yang dikeluarkan oleh rumah sakit pemerintah/dokter kandungan yang menjelaskan derajat kecacatan2. Kirimkan video singkat yang menunjukkan aktivitas sehari-hari pelamar dalam melakukan aktivitas yang sesuai dengan posisi yang dilamarnya.
Cara Daftar PPPK 2024 dan Linknya. Langkah awal, calon pelamar harus membuat akun di link sscasn.bkn.go.id. Dalam hal ini, tidak semua pelamar bisa mendaftar PPPK 2024, hanya kategori tertentu saja yang bisa.
Setelah membuat akun Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCASN) di situs resmi pemerintah, langkah selanjutnya bagi calon pelamar adalah melengkapi, mewakili, dan mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan.
Dokumen apa saja yang diperlukan untuk pendaftaran? Kami akan menyiapkan dokumen persyaratan umum seperti KTP, foto, ijazah, transkrip nilai, Kartu Keluarga (KK), formulir pendaftaran, dan formulir pendaftaran. Jika calon pelamar memiliki dokumen pendukung seperti sertifikat keterampilan, Anda dapat memasukkannya ke dalam kolom opsional yang tercantum.
Pelamar harus mengisi setiap kotak pertanyaan dengan cermat dan rinci. Pilih jenis program yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika tujuan Anda hanyalah mengisi formulir permohonan yang tidak dapat ditulis tangan, harap ikuti petunjuk yang sesuai.
Jangan lupa untuk memasukkan alamat tempat tinggal Anda termasuk kecamatan dan kelurahan, negara, negara bagian, kota/kota tempat tinggal, akun media sosial, tinggi badan, status perkawinan, agama, nomor telepon, nomor ponsel dan area tanda tangan.
Kemudian pilih jenis seleksi PPPK, masukkan pilihan institusi dan formasi, pilih lokasi formasi, pilih lokasi ujian dan isi IPK sesuai data transkrip atau nilai kesetaraan SMA.
Saat memasuki langkah formulir resume, isi pengalaman kerja apa pun yang Anda miliki, atau klik Berikutnya untuk langsung melanjutkan ke langkah berikutnya. Kemudian, unggah dokumen Anda sesuai peraturan instansi dan persyaratan formulir yang berlaku. Mohon periksa kembali jenis dan ukuran dokumen yang dapat diunggah ke sistem.
Setelah semua dokumen berhasil diunggah, klik kembali tombol Periksa untuk memeriksa apakah dokumen memenuhi persyaratan lembaga dan format yang diperlukan. Langkah selanjutnya. Setelah Anda memverifikasi bahwa semua dokumen sudah sesuai, klik Langkah Berikutnya untuk melanjutkan ke Formulir Resume Pendaftaran Entri.
Setelah Anda yakin bahwa formulir resume Anda sudah benar, klik untuk mencentang semua kotak yang muncul. Kemudian klik Selesaikan Pendaftaran, cetak kartu informasi akun Anda, dan klik Cetak Kartu Pendaftaran PPPK.