Jakarta, prestasikaryamandiri.co.id – Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan pembukaan pendaftaran pegawai negeri sipil dengan kontrak kerja (PPPK) 2024. Pendaftaran akan dimulai pada Selasa, 1 Oktober 2024. Bagaimana dan apa saja apakah link pendaftaran PPPK 2024?
Pengumuman pembukaan pendaftaran PPPK 2024 disampaikan melalui surat nomor 6610/B-KS.04.01/SD/K/2024 tanggal 27 September 2024 yang ditandatangani Plt Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto. Cara Daftar PPPK 2024 :
Langkah pertama, calon pelamar harus membuat akun di link sscasn.bkn.go.id. Dalam hal ini, tidak semua pelamar bisa mendaftar PPPK 2024, juga hanya kategori tertentu yang bisa mendaftar. Ada empat kategori yang bisa mendaftar PPPK 2024, yaitu pelamar utama, yaitu guru akademik D-4 dan bidan tahun 2023, pegawai terhormat mantan kategori II, pegawai non-ASN yang terdaftar di database BKN, dan pegawai non-ASN. yang bekerja aktif di otoritas publik.
Tata Cara Pendaftaran PPPK 2024 Setelah membuat akun Sistem Seleksi Nasional CPNS (SSCASN) di situs resmi yang disediakan pemerintah, langkah selanjutnya bagi yang ingin melamar adalah menentukan struktur dan lembaga serta mengunggah dokumen yang diperlukan.
Dokumen apa saja yang diperlukan untuk mendaftar? Siapkan sejumlah dokumen umum yang dibutuhkan seperti KTP, foto, ijazah, transkrip nilai, Kartu Keluarga (KK), surat lamaran, dan surat pernyataan. Apabila calon pelamar mempunyai dokumen pendukung seperti kualifikasi, dapat dimasukkan pada kolom sukarela yang tertera.
Calon peserta harus mengisi setiap kolom pertanyaan dengan cermat dan detail. Pilih jenis program yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya saja ada keharusan untuk melengkapi surat lamaran hanya dengan tulisan tangan tanpa ada pilihan mengetik, maka harus mengikuti petunjuk yang berlaku.
Jangan lupa isi alamat tempat tinggal anda meliputi kecamatan dan kelurahan, negara bagian, provinsi dan kabupaten/kota setempat, akun media sosial, tinggi badan, status perkawinan, agama, nomor telepon, nomor telepon dan tanda tangan daerah yang disediakan.
Selanjutnya pilih jenis seleksi PPPK dan isi pilihan instansi dan komposisi, lalu pilih bidang komposisi, pilih bidang ujian, dan isi IPK seperti data transkrip atau isi nilai ijazah SMA.
Jika Anda memasukkan bagian formulir riwayat, isi riwayat pekerjaan Anda jika ada, atau klik tombol berikutnya untuk langsung ke bagian berikutnya. Kemudian mengunggah dokumen tersebut sesuai dengan aturan instansi dan persyaratan format yang berlaku. Periksa kembali jenis dokumen dan ukuran dokumen yang dapat diunggah ke program.
Setelah semua dokumen diunggah, klik periksa lagi untuk melihat apakah dokumen tersebut sesuai dengan persyaratan lembaga dan format yang diperlukan. Bagian selanjutnya, jika Anda yakin semua dokumen sudah valid, klik bagian berikutnya untuk menuju formulir pendaftaran ulang.
Jika Anda yakin tidak ada kesalahan pada formulir resume, periksa dengan mengklik semua kolom yang muncul. Kemudian klik selesai registrasi dan cetak kartu detail rekening, lalu klik cetak kartu registrasi PPPK.