Jakarta, prestasikaryamandiri.co.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero mencatat sebanyak 3.360.139 penumpang menggunakan Kereta Api (KA) pada periode Lebaran 2024 mulai 31 Maret hingga 16 April 2024. Jumlah tersebut meningkat 18% dibandingkan periode yang sama untuk transfer lebaran 2023.
Jumlah KA yang melayani angkutan Lebaran 2024 berjumlah 6.826 KA atau meningkat 33% dibandingkan angkutan Lebaran 2023 sebanyak 5.116 KA.
Saat ini kapasitas tempat duduk yang ditawarkan KAI untuk angkutan lebaran 2024 mencapai 3.319.634 kursi atau meningkat 16% dibandingkan angkutan lebaran 2023.
“Dari sisi keselamatan, KAI akan terus menjaga momentum kinerja baik dalam keselamatan perjalanan kereta api pada lebaran ini dan kedepannya,” kata Ketua Harian KAI Didiek Hartantyo dalam keterangan resmi, Jakarta, Rabu (17/4/2024). . ).
Menurut Didiek, ketepatan waktu tempuh kereta api pada periode angkutan lebaran 2024 sudah sesuai harapan. Kinerja tepat waktu (ketepatan waktu) kereta berangkat mencapai 99,6%, sedangkan ketepatan waktu kedatangan kereta api mencapai 97,4%.
Didiek melanjutkan, puncak arus domestik terjadi pada semester IV atau Sabtu (4-6-2024) sebanyak 209.663 pelanggan. Puncak arus balik terjadi pada T+3 atau Minggu (14/4/2024) sebanyak 261.331 pelanggan.
Saat ini rute favorit pelanggan adalah Jakarta-Surabaya PP, Jakarta-Malang PP, Jakarta-Yogyakarta PP, Jakarta-Purwokerto PP, Jakarta-Semarang PP, Bandung-Surabaya PP dan lain-lain.
Selain itu, KAI mencatat 66,8% transaksi tiket kereta api pada masa perpindahan Lebaran 2024 didominasi akses melalui aplikasi KAI. Diikuti oleh mitra B2B sebesar 25,1%, counter sebesar 5,4%, web KAI sebesar 2,4%, mesin penjual otomatis sebesar 0,1% dan CC121 sebesar 0,1%.
“Kami optimis KAI akan terus berkembang dan membangun ekosistem transportasi dengan inovasi dan kreativitas yang tiada henti, sehingga dengan semangat persatuan dapat mewujudkan motto menuju KAI baru, untuk Indonesia maju,” kata Didiek.